Cara cepat Konversi bilangan BINER, OKTAL, HEXA…

Pada dasarnya pengolahan teknologi digital tuh menggunakan bilagan biner…

Tapi untuk memenuhi pengolahan data yg lebih efektif dan efisien maka dibuat sistem bilangan oktal dan hexa…

Biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari 2 bilangan, yaitu 0 dan 1…

Oktal adalah bilangan yang terdiri dari 8 bilangan, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7…

Hexa adalah bilangan yang terdiri dari 16 bilangan, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F…

Permasalahan yang sering timbul adalah bagaimana caranya mengkonversi dari satu ke yang lainnya… Berikut juga operasi2 yang dapat dilakukan kepadanya…

Lansung ke contoh aja lah…

Biner: 01 kalo dalam desimal tuh maksudnya 0*21 + 1*20 = 1.

Oktal juga sama cuma tinggal ganti 2 ma angka 8, begitpun hexa cuma tinggal ganti 2 a angka 16…

Masalahnya gmana cara cepetnya kalo mau konversi dari bilangan biner ke oktal ato hexa…

Prinsionya adalah dengan memanfaatkan karakteristik bilangan itu sendiri…

Bilangan biner merupakan bilangan dengan perpangkatan max 21 , sedangkan oktal adalah bilangan dengan perpangkatan max 23 , dan hexa adalah bilangan dengan perpangkatan max 24 .

Nah maksudnya apa? Maksudnya adalah 3 bilangan di depan/belakang koma pada biner merupakan satu bilangan di depan/belakang koma pada oktal. Begitu juga kalo mau hexa, 4 bilangan di depan/belakang koma pada biner merupakan satu bilangan di depan/belakang pada hexa.

Contohnya…

Biner: 10111,1100

Oktal:

  Liat 3 bilangan depan koma: 111 dan 010 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

  Liat 3 bilangan belakang koma: 110 dan 000 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

  Konversi:111=1*22 +1*21 +1*20 =7; 010=0*22 +1*21 +0*20 =2;110=1*22 +1*21 +0*20 =6;000=0*22 +0*21 +0*20 =0.

  Jadi dalam oktal 10111,1100=27,60…

Begitu juga pada hexa…

Kalo kurang jelas tanyain aja ke saya…

About these ads

30 Responses to “Cara cepat Konversi bilangan BINER, OKTAL, HEXA…”


  1. 1 ivan October 30, 2007 at 12:24 pm

    bisa ngak lebih jelas tenteng hexa…untuk perhatiannya terimakasih

  2. 2 Ika November 6, 2007 at 11:40 pm

    msi kurang jlz mas…
    da contoh lain gk??
    yg pk latihanny gt??
    mw ujian nh…
    reply yah!!

  3. 3 edi January 28, 2008 at 4:32 am

    thank atas info and ilmunya

  4. 4 Blacx TOTZ February 26, 2008 at 6:16 am

    Buat yg mau info lebih jlas silakan email aja k sayah…

    Sebenernya gak rumit koq, cuma lebih enak neranginnya kalo ktmu lgsg..

  5. 6 andi April 16, 2008 at 9:26 am

    sya ingin paham benar konversi bilangan decimal di ubah ke okta,hexa dan sebaliknya baru di rubah ke biner please kirim ke email saya pur_cb@yahoo.com

  6. 7 iboy April 23, 2008 at 7:51 am

    mas bisa minta yg langsung latihann ya gitu tapi masih dengan cara-caranya…..

  7. 8 a June 18, 2008 at 1:38 am

    ah loe payah sama aja kayak guru matimatika yang bloon.sama sekali ga ada sense of engineering nya loh.make it simple man.

  8. 10 Intan September 15, 2008 at 2:15 am

    Masnya terangin yg lebih jelas dunk..
    Q g mudeng ni,mn dosennya killer abiz..
    Replay email y..
    Jgn lama2 y masnya..

  9. 11 damn "******" September 18, 2008 at 4:40 am

    cepet???,,,tp buat yang awam susah dicerna mas!penyampaiannya juga mhon diperbaiki.oke???sukses!!!blum mantep kayaknya klo gax nyertain konversi bilangan desimal

    “Pada dasarnya pengolahan teknologi digital tuh menggunakan bilangan biner…”

    coba buktiin tuh ma para pembaca yang budiman, biar kesannya gak ngomong doank. gmn applikasinya??

  10. 12 sd September 23, 2008 at 6:22 am

    kalau bilangan biner dari 2101 berapa boss ??

    TQ

  11. 13 jiofine October 7, 2008 at 1:49 am

    wuh….
    nice inpo, makasih bung!!!!

  12. 14 Seno November 18, 2008 at 12:00 pm

    Mau nanya Pak…

    Emangnya Biner Bisa ada Komanya yaa ???

    Contohnya…

    Biner: 10111,1100

    Oktal:

    Liat 3 bilangan depan koma: 111 dan 010 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

    Liat 3 bilangan belakang koma: 110 dan 000 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

    Bisa Minta penjelasannya???

    << mau UTS ^_^

  13. 15 yudi_sinamur November 19, 2008 at 7:10 am

    kalau bisa lebih jelasin konversi dari oktal ke
    heksa,desimal,dan bi
    ner

  14. 16 ann December 9, 2008 at 1:56 pm

    mas/a’
    tlg donk contoh biner ke desimal pakai bhs c(c++)
    aku ada homework nih,..please help …ok

  15. 17 asboma December 16, 2008 at 9:22 am

    mas tlg d jlsin dong tentang oprasi bil ini dengan x,-,+ trem sebelumnya ya mas,.

  16. 18 ragil December 24, 2008 at 12:56 am

    pusing bacanya….ada contoh lain ga??? kalo bisa yang kompleks pake angka n hurup

  17. 19 berman January 12, 2009 at 2:29 pm

    halo, all of my family whereas you there are.
    oh.ya mr saya hanya mau tanya untuk apa sih sebenarnya bilangan biner, hexa, dan bilanggan desimal dalam komputer dalam diperbuat

  18. 20 fikri January 13, 2009 at 5:17 am

    bagaimana cara menghitung 12,75?

  19. 21 Ivan January 16, 2009 at 1:40 pm

    Bisa Ngasi contoh yang lebih jelas & kongkrit gx

  20. 22 whiwi January 21, 2009 at 5:39 am

    aku skrg dah ngerti

  21. 23 xeno January 29, 2009 at 2:39 pm

    mas, qw ngga ngerti…
    kagak jlas bgd…
    yg lengkap dund,,

  22. 24 muhammad wahyudi February 3, 2009 at 1:54 am

    ra ngerti mas ra genah

  23. 25 Anakjawa February 6, 2009 at 12:45 am

    masak biner ada angka 2101.ngaco kalee.

    Wt yg pny blog thanks y.dr pnjlasan d atas dikit menambh wawasan q.

  24. 26 DANIEL February 13, 2009 at 10:05 am

    1327berapa bilangan binernya boss?? sekarang gw tnggu ya.

  25. 27 argit February 20, 2009 at 8:14 am

    mas da gak cntoh yang lebih jls lg?reply ya?makasih

  26. 28 nana February 22, 2009 at 11:49 pm

    mantaaabbbbbbbb…….!!!!!!!!

  27. 29 pemula March 12, 2009 at 4:59 am

    mau tanya tentang konversi bilangan oktal ke hexadecimal
    dari 725 cara penyelesaiannya bagaimana sehingga mendapat hexadecimalnya 1D5 tolong

  28. 30 hetty April 29, 2009 at 1:54 am

    Tolong dong kirimkan soal – soal latihan konversi bilangan biner


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: